Hapus Ke Munafik-an !

"Ora tedheng Aling Aling"

“Kantin Kejujuran ” Di SMAN 3 SEMARANG

“DiKantin depan kelasku, disana kenal dirimu ……” sepenggal syair dari lagunya Iwan Fals. mengingatkan kita betapa masa masa ketika kira sekolah adalah masa yang paling mengesankan. artinya kalau disaat itu mental sebagai laku spiritual diasah terus menerus setiap hari berbarengan dengan intelektualitas akan menghasilkan sebuatu yang bagus. Ibu Profesor Winani dari Dinas Pendidikan Proipinsi D.I Yogyakarta, narasumber di taman gabusan TVRI, edisi Selasa, 29 April 2008 juga mengatakan demikian. Artinya barangkali intelektualitas tanpa moralitas yang bagus sama juga penghianatan. apalagi didunia pendidikan.

Selain sekolah sudah beayanya mahal, belum lagi banyak oknum yang memanfaatkan esempatan ini . terlebih lagi pendidikan berkwalitas, jer Basuki Mowo Beo, ono rupo ono rego atau istilah lain yang digunakan untuk alasan yang kuat dijadikan sebgai bamper – topeng dalam mencari keuntungan pribadi. banyak sekolah yang melakukan kegiatan ini rame rame.

SMA 8 Yogyakarta, barangkali hanya salah satu Sekolah yang ” Ketahuan” belangnya, boroknya, dalam penyelewengan dana pendidikan. Dan sebetulnya masih banyak sekolah lain yang melakukan praktek sama. baik itu di kota Yogyakarta, maupun diluarnya. msalnya di Bantul. Di kabupaten ini ternyata beberapa SMA Favorit melakukan hal serupa yang dilakukan oleh SMA 8 Yogyakarta, kepala sekolahna.

Ya namanya saja Korupsi, pasti tidak mau kan seseorang dituduh melakukan seperti itu. tetapi cepat atau lambat, asti akan terbongkar. Peribahasa mengatakan : Barang yang busuk, bagaimanapun rapatnya menyimpan, lama lama akan tercium juga !.

Upaya Kejaksaan Agung, membuat Kantin Kejujuran di SMA 3 Semarang ( http://www.detik.com – Rabu 30/4/08 ), dengan tujuan bahwa memberantas dan menanamkan anti korupsi sejak dini, Patut diacungi jempol.

Ketika aku menjadi MC dalam acara KPK dan Mahasiswa UGM di Bunderan, tahun lalu. aku terkesan dengan yang dikatakan Pak Zaenal, bahwa Koruptor yang sekarang di proses hukumnya itu adalah dulu seorang mahasiswa ang juga punya prestasi, nah kami tidak ingin kalian yang disini nantinya akan menjadi seperti itu !. demikian antara lain kata pak Zaenal.

1 Mei 2008 - Posted by | 1

18 Komentar »

  1. mantab nih kantin kejujuran,,,tapi sygnya masih ada aja tangan2 tidak bertanggung jawab,,,,

    Komentar oleh adhecs | 6 Mei 2008 | Balas

  2. Terimakasih atas kunjungan & commnet-nya Mas Adhes.
    Semoga bisa menjadi sahabat yang jujur. karena itu sangat mahal.
    salam buat keluarga. sukses selalu…

    Komentar oleh hendro plered | 7 Mei 2008 | Balas

  3. saya sangat setuju dengan adanya kantin kejujuran, karena hal itu akan melatih kejujuaran terutama terhadap diri sendiri dan melatih untuk tidak berbohong dan itu saya rasa dapt mengurangi tindak korupsi di Negara tercinta ini. iya ga?????

    Komentar oleh Ratih Anggita Wulandari | 17 Juni 2008 | Balas

  4. O ya nambah bisa ga kalo tuliasannya diperbanyak lagi untuk baha referensi??? saya tunggu yah???????

    Komentar oleh Ratih Anggita Wulandari | 17 Juni 2008 | Balas

  5. Kantin Kejujuran
    sangat bermanfaat untuk menanamkan jiwa “sadar” dalam diri.
    Sadar akan kejujuran,
    sadar akan nilai-nilai religi, bahwa hidup, perbuatan,dan kelakuan kita selalu dilihat dan dicatat oleh Allah SWT dan malaikat-Nya.
    Kantin Kejujuran
    menjadi ladang siswa untuk melatih diri menuju kebaikan bangsa dan negara.
    chayo!

    Komentar oleh Langitantyo Tri Gezar | 25 September 2008 | Balas

  6. saya sangat setuju sekali dengan adanya kantin kejujuran ini karena dengan adanya kanti kejujuran dapat melatih seluruh masyarakat terkhusus adalah para pelajar sekolah, oleh karena itu saya sangat berharap agar kantin kejujuran ini agar dapat di jalankan di sekolah – sekolah terutama di kota – kota besar.

    Komentar oleh Diriku | 13 Oktober 2008 | Balas

  7. kantin kejujuran?????? ehm…asik juga tuh… yups setuju sekali… biar dari sekarang tertanam jiwa jujur dan dapat dipercaya dalam menjalankan sgala amanah, kita sebagai pelajar/mahasiswa agar terus menjaga moralitas kita, jangan sampe skrng ikut memperjuangkan keadilan besoknya menjadi pelaku tindak pencurangan/pengambilan hak milik rakyat

    Komentar oleh jety_69 | 16 Oktober 2008 | Balas

  8. hem .
    sayang ny kantin kejujuran blum bjalan maximal .
    kadang kadang aja .
    yah .
    smoga dg bjalan ny wktu smua jd tbiasa .
    okokokok ,

    Komentar oleh nur aisya | 30 Oktober 2008 | Balas

  9. Wah patut dicontoj untuk sekolah lainnya tuh Pak, semoga makin banyak orang yang tambah jujur

    Komentar oleh uwinarno | 15 November 2008 | Balas

  10. Salam sodara…

    Berhubung saya adalah murid SMAN 3 Semarang,
    Setelah membaca postingan om,
    Saya kok jadi merasa sedikit bangga ya?πŸ˜€
    Saya jadi tambah semangat untuk menegakkan kejujuran yang dimulai dari masa SMA…

    Terima kasih atas dukungan om-om semua para blogger…πŸ™‚

    Silakan mampir ke blog saya juga di sini:

    basketballife.wordpress.com

    Enjoy!πŸ˜€

    Komentar oleh Andika | 29 November 2008 | Balas

  11. klo tau gini nih aku seharusnya bangga di indonesia ada sekolah yang ada kantin kejujurannya !!!!!tapi sayang di sekolah ku belum ada ,smoga saja progam ini bisa sampai dan di instal disekolah ku tercinta. say no to coruption!!!!!!

    Komentar oleh zOOM | 26 Desember 2008 | Balas

  12. saya ingin mengetahui lebih jauh mengenai manajemen KK, karena produk kejaksaan ini menarik buat saya jadikan objek penelitian, mohon dibalas…

    Komentar oleh septian | 12 Januari 2009 | Balas

  13. d eSMANgGa ni kantin kejujurannya sblh mn sih ?
    lm tak maen ksana..

    kangen m nasi gudeg + babat + ayam goreng krispi
    d kantin ‘dahlia’

    hmmm.. yummy…

    Komentar oleh leliantika | 23 Juli 2009 | Balas

  14. saya punya kantin di smpn sebetulnya saya ingin buat jd kantin kejujuran tp pengalaman selama ini jangankan dagangan dilepas begitu sj wong di tungguin bbrp orang sj banyak yg hilang apa lagi di lepas mmg kl latar blkg kehidupa siswanya sdh bagus mongkin akan lebih mudah menciptakan kantin kejujuran dan sy sangat salut jika di sebuah smp sudah bisa menciptakan KANTIN KEJUJURAN smoga kantin kejujuran berkembang di seluruh sekolah supaya indonesia KORUPTOR nya bisa berkurang trimakasih

    Komentar oleh mitahul u | 19 September 2009 | Balas

  15. kantin kejujuran tidak efektif karena tidak ada teladan dari pemerintah, Indonesia masih jadi negara terkorup. Lucu khan beli kue harga murah mesti jujur, para penganjur kejujuran justru menjadi koruptor, repotnya mereka tidak juga ditangkap. Apakah pesan kantin kejujuran adalah jujurlah dalam membeli barang-barng kecil/harga murah, tapi kalu mahal boleh nggak jujur seperti yang dilakukan pejabat pemerintah, pengadilan,dll. Belum lagikomersialisasi pendidikan yang merupakan potret kelam dunia pendidikan, bagaiman mungkin kantin kejujuran bisa efektif? hari ini koran republika melaporkan hal itu, ada banyak kantin kejujuran yang sudah gulung tikar, jadi kantin kejujuran jelas tidak efektif, ini ideologi anarkianisme pendidikan yang belum membumi di Indonesia, jadi nggak relevan.

    Komentar oleh binsar | 12 Maret 2010 | Balas

  16. sekolah saya juga punya kantin kejujuran, apakah kantin kejujuran bisa disamakan dengan lab sehingga bisa menambah beban mengajar guru Pkn, kalau bisa dasar hukumnya apa sebab di dinas pendidikan belum mengetahui. terima kasih dari Bambang. S SMAN2 Sragen.

    Komentar oleh Bambang Setiyadi | 20 Agustus 2011 | Balas

  17. seorang berlian tetap berlian meskipun disekitarnya banyak sampah dan kotoran, begitu juga kejujuran jangan melihat sekitar tanyakan diri sendiri (aku berlian atau sampah) jika anda berlian biarlah tetap berlian

    Komentar oleh quina | 4 Oktober 2012 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: