Hapus Ke Munafik-an !

"Ora tedheng Aling Aling"

KH Moh Fuad Riyadi “Kang Fuad “, Sastrawan itu sekarang Kyai bejibun wawasan…

kang-fuad-up-load.jpg

Siang itu aku tidak ada acara keluar dari daerah Pleret, Aku mau cari berita lokal untuk tulisan di : apik.combine.or.id. bersama Om Agung. Tiba tiba setelah melewati Gunung Sentono aku masuk ke Pondok Pesantren Roudlotul Fatihah. Sudah lama aku punya niat kesana. tetapi nggak pernah kesampaian. Dan tiba tiba entah kenapa saat itu hatiku tergiring untuk kesana.
Setelah mengucapkan salam kepada salah satru Santri, kemudian aku tanyakan : apakah Pak Kyai Fuad ada ?. Santri tersebut kemudian mempersilahkan aku nunggu sebentar. Kemudian keluarlah kang Fuad.. aku agak sedikit Pangling, karena dulu ketika aku sering ketemu dia, bahkan ketika aku sering main ke rumahnya Wonokromo, masih terlihat ke-senimanan-nya. Ternyata saat itu ada pancaran kewibawaan dari dirinya. Aku kemudian terlibat Ngobrol : Ngalor Ngidul. Dari masalah Keluarga sampai karier, dan juga masa masa lalu. Setelah sholat Ashar bersama santri santrinya, Ngobrol dilanjutkan lagi….ternyata Kyai satu ini juga peduli IT. Ilmu pengetahuannya tidak melulu masalah Akherat, tetapi ilmu Dunia, perkembangan IT juga sangat responsif…. Aku sebenarnya agak risih ketika beliau, dengan kata kata memuji memuji aku sebagai MC dan Pelawak Top, bahkan aku di “ cap “ dekat dengan para Pejabat………wah wah……..
Jadi, makanya beliau sempat ngomong : “Hendro Plered ki ora pantes nek dadi wong Miskin “ ( katanya, aku nggak pantas kalau jadi orang Miskin ). Aku jadi tanya dalam hati benarkah ???.
Tapi yang jelas saat meninggalkan Pondok Pesantren Roudlotul Fatihah itu, ada semangat dalam hidupku.. aku sudah lama merindukan seorang guru spiritual yang kaya KH Moh.Fuad Riyadi. Karena jujur saja setelah KH Mujab Mahali ( Ponpes Al Mahali ), juga Mantan ketua DPW PKB Yogyakarta meninggal, aku belum menemukan seorang Kyai yang sejenis Alamarhum. Baru setelah ketemu Kang Fuad, aku tambah semangat. Dan dimata saya, kang Fuad lebih ‘gila” dari Kang Mudjab. Sehingga mulai Ahad 16 Desember 2007 aku aktif mengikuti Majelis Ta’lim yang diadakan dipondoknya setiap malem Senin. Aku disarankan untuk rutin berturut turut selama 12 kali. Sebab nantinya akan ada perubahan dalam diriku..
Lepas dari itu, aku Ngaji karena Alloh SWT semata. Dan aku semakin cinta dengan Pondok Pesantren Roudlotul Fatihah. Karena sekabis Ngaji Ilmu Akherat, selesainya kami juga diskusi tentang kemajuan dan Ilmu Dunia, dari IT, Sosial Budaya, artistik. Maklum ternyata ada pakar Interior dan arsitek, namanya Mas Wisnu, juga ada Pak Bo, yang ternyata alumnus SMA 8 Yogyakarta, dan juga beberapa sastrawan terbaik di Yogyakarta……….
Yang jelas dimataku, kang Fuad dulu aku kagumi karena karya sastra sastranya, Puisi, Esay, tulisan dikolom, Prosa-nya juga se abrek. Tetapi kini dia jadi Kyai, meskipun statusnya sebagi Guru SMA negeri II Banguntapan. Juga masih setia dijalankan. Itulah sisi kekagumanku. Pada suatu waktu juga aku lihat sendiri. Bersama anak laki lakinya main PS 2. masalah aktual yang terjadi. Dari sosial, politik, apalagi kebudayaan..kalau aku tidak segera pamit, maka dia betah semalaman diskusi masalah tersebut…. Mau buktikan ?. datang aja ke Pondok Pesantren Rudlotul Fatihah, lereng gunung Sentono. Atau sebelah Timur Laut Pleret. Atau juga bisa Klik di : http://www.lidahwali.com………Yang jelas ngaji disana selain disana Lahir batin tidak akan kurus…karena batin kita mengkonsumsi berbagai ilmu Fiqh dan Ilmu Agama Islam yang lain, sehabis ngaji ada konsumsi yang menu-nya berganti ganti. lauknya lezat lagi..

17 Januari 2008 - Posted by | postingan sebulan yg tersimpan

9 Komentar »

  1. maju terus

    Komentar oleh eko | 13 Agustus 2008 | Balas

  2. pak aku boleh jadi santrimu gak

    Komentar oleh eko | 18 Agustus 2008 | Balas

  3. Assalammu’alaikum wr wb

    MERDEKA

    Komentar oleh dear | 20 Agustus 2008 | Balas

  4. pak fuat is the best.

    Komentar oleh heri | 25 Agustus 2008 | Balas

  5. Kok swi ra ketok-ketok neng pondok Kyai Fuad ki piye Kang?
    tak arep-arep Je!
    mBok njedul raketang rong minggu pisan!
    akeh proyek Po?
    sesok malem senen prey simtuddurore
    sok malem senen sing mburi wae yo Kang!
    salam

    Agus/0856 2850 256

    Komentar oleh Agus Kotagede | 22 Desember 2008 | Balas

  6. Ass wrwb. Nyuwun ngapunten Pak Kyai..kula dereng saget sowan teng pengaosanipun tiap malam Rabu. Salam kemawon kagem sedoyo jamaah dan teristimewa sobat kulo Mas Wisnu. Matur sembah nuwun.

    John Khomir

    Komentar oleh John Khomir | 4 Juli 2009 | Balas

  7. assalamu………….salam dari kami sekeluarga, semoga alloh selalu memberkati pak kyai sekeluarga dan selalu terjaga kesehatan beliau.amin.

    Komentar oleh Arief Kertapati | 2 Juli 2011 | Balas

  8. kagem jamaah SAPTOSARI , guyup rukun memuliakan PP pak kyai Fuad…………semoga selalu dapat berkah dari alloh swt……..wassalam….

    Komentar oleh Arief Kertapati | 2 Juli 2011 | Balas

  9. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    maju terus pa’ kyai fuad..
    salam dari bocah sumatera yang pernah singgah 1 minggu di pondok pesantren tradisional pa’ kyai
    semoga sukses dan slalu di rahmati allah pak kyai fuad beserta keluarga, muslim dan muslimat
    yang menuntut ilmu di pp pak kyai.

    aamiin

    Komentar oleh wanto | 9 Oktober 2015 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: