Hapus Ke Munafik-an !

"Ora tedheng Aling Aling"

Pers Release Part One : Dugaan Dugaan

DUGAAN, – DAN INSYAALLOH BENAR – PELANGGARAN & PENYIMPANGAN
DANA PENDIDIKAN DI SMA 8 YOGYAKARTA

Predikat kota Yogyakarta sebagai kota pendidikan tampaknya harus ternoda oleh segelintir oknum oknum yang tidak bertanggung jawab. Hal ini terjadi di SMA 8 Yogyakarta – salah satu sekolah menengah yang mempunyai predikat sekolah favorit itu -. Hal tersebut disebabkan tidak tertibnya atau semrawutnya penggunaan dana penyelenggaraan pendidikan di sekolah tersebut. Sehingga adanya Indikasi penyelewengan dan penyimpangan yang sangat signifikan.
Bukti bukti dan fakta fakta terlihat pada :

1. Pihak Sekolah SMA 8 Yogyakarta sudah membahas RAPBS 2007 /2008 sejak September 2007, Hingga saat ini, Pihak Sekolah belum pernah membuat LPJ APBS 2006 / 2007. apalagi diumumkan ditempat publik (Papan pengumuman Sekolah).

Hal ini Melanggar PERATURAN WALIKOTA YOGYAKARTA NO 30 / 2007.
Pasal 10, huruf e : Pada Akhir tahun pelajaran, satuan pendidikan wajib menyampaikan laporan pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan dan Belanja Sewkolah secara terbuka kepada orangtua / wali peserta didik melalui papan pengumuman.

2. Format penyusunan RAPBS dan APBS SMA 8 Yogyakarta TIDAK Patuhi Aturan ini, Melanggar PERATURAN WALIKOTA No : 156/ 2005, Bab III : Anggaran Pendidikan Pasal 7, ( 3 ) Yo Pasal 10, ( 3 ) :

Pasal 7, ( 3 ) : Format penyusunan anggaran pendapatan dan belanja sebagaimana dimaksud pada ayat ( 1 ) dan rekap anggaran dan belanja perjenis pendapatan sesuai peruntukan serta contoh pengisian adalah sebagaimana terlampir dalam lampiran 1,2,3, 4 dari peraturan ini

Pasal 10, ( 3 ) : Format penyusunan anggaran pendapatan dan belanja sebagaimana dimaksud pada ayat ( 1 ) dan rekap anggaran dan belanja perjenis pendapatan sesuai peruntukan serta contoh pengisian adalah sebagaimana terlampir dalam lampiran 5,6,7, dan 8 dari peraturan ini

Tetapi pihak SMA 8 Yogyakarta, APBS 2006/2007-pun, nekat membuat format sendiri. Sehingga terjadi indikasi Pengaburan, Tidak Acountable.
( Contoh APBS 2006 / 2007, Terlampir )

Dari ke 2, Permasalahan diatas pembahasan 2007 / 2008. indikasi Penyelewengan/ Penyimpangan, semakin jelas terlihat pada :
· Keterangan bahwa SALDO APBS 2006/2007, ( Anggaran tahun sebelumnya ) dengan kata PREMEMORI

INI BERTENTANGAN DENGAN PERATURAN WALIKOTA YOGYAKARTA NO: 156/2005, BAB V : AKUNTABILITAS, PASAL 14.
PASAL 14 : “Semua bentuk sumbangan dan pemanfaatan sumbangan untuk keperluan pembiayaan pendidikan dilaporkan secara transparan”

· Dalam “RAPBS 2007/2008 “ ada poin perencaan pembelian mesin Fotocopy seharga, Rp 55.000.000,- baru dalam perencanaan itu, malah sudah terbeli

INI BERTENTANGAN DENGAN PERATURAN WALIKOTA YOGYAKARTA NO: 30/ 2007, Pasal 11 ( 1 )
Pasal 11 ( 1 ) : sebelum APBS tahun berjalan ditetapkan, pembiayaan kegiatan operasional sekolah satuan pendidikan berdasarkan APBS tahun pelajaran sebelumnya.

3. Komite sekolah, tidak difungsikan sebagai mana mestinya. Misalnya :
a. Bpk. Prof Dr Ir. Sutardi M. App. Sc, Ketua Komite jarang dilibatkan dalam pengambilan kebijakan sekolah.
b. Ibu Ny Mahfud MD, selaku Bendahara Komite I, yang seharusnya berperan pokok memegang keuangan yang berasal dari Orang tua / Wali Murid, tetapi tidak pernah dilibatkan, keuangan seluruhnya malah dipegang oleh Sri Masnidar SE ( Bendahara Komite II / Ka TU SMA 8 Yogyakarta ).
INI BERTENTANGAN DENGAN PERATURAN WALIKOTA YOGYAKARTA NO: 36/2007, sebagaimana BAB III : TUJUAN. Pasal 4 ,butir a.c, dan d.

Pasal 4 :
Pembentukan Komite sekolah bertujuan untuk :
a. Meningkatkan Peeran serta dan tanggungjawab pemerintah Daerah beserta seluruh komponen masyarakat termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan pada satuan pendidikan.
b. Mewadahi dst…………..
c. Menciptakan suasana dan konisi yang kondusif dilingkungan satuan pendidikan dalam rangka menunjang kelancaran proses belajar mengajar pada satuan pendidikan
d. Menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntabel serta demokrasi dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu pada satuan pendidikan.

Dan BAB V : KEDUDUKAN PERAN DAN FUNGSI,
PASAL 6.
( 3 ) : Komite sekolah mempunyai peran sebagai :
a. Pemberi pertimbangan ( advisory agency ) dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan pada satuan pendidikan
b. Pemberi dukungan ( supporting agency ) baik yang berwejud finansial, pemikiran maupun tenaga dalam penyelenggaraan pendidikan pada sataun pendidikan
c. Pengontrol ( controlling agency ) dalam rangka transaparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan dan keluaran pendidikan pada satuan pendidikan
( 4 ). d : Memberikan masukan, perimbangan dan rekomendasi kepada satuan pendidikan mengenai :
1. Kebijakan dari program pendidikan
2. Rencana Anggaran Pendapatan dan belanja Sekolah ( RAPBS )
3. Kriteria kinerja Satuan pendidikan.
4. Kriteria pendidik dan tenaga kependidikan kepada satuan pendidikan
5. Kriteria Fasilitas Pendidikan dan
6. Hal hal yang terkait dengan pendidikan pada satuan pendidikan.

Melihat hal hal tersebut diatas, maka kami selaku Orang tua / Wali Murid memohon kepada pihak pihak yang berwajib dan berwenang agar segera mengambil tindakan yang kongkrit.
Indikasi adanya tindakan korupsi pasa SMA 8 Yogyakarta sudah jelas. Sebelum mengganggu jalannya Kegiatan Belajar Mengajar dan menambah Buruknya citra pendidikan kota Yogyakarta, umumnya ndonesia

Tindakan Kongkrit yang kami maksudkan adalah :

· Memeriksa Kepala Sekolah Sdr Drs Abu Suwardi, serta orang orang yang terlibat langsung maupun tidak langsung, dalam penggunaan dana pendidikan di SMA 8 Yogyakarta
· Memberikan sangsi, apabila terbukti bersalah. Baik sanksi administrasi maupun sanksi Hukum Pidana.

Hal ini kami sampaikan karena merujuk : PERATURAN WALI KOTA YOGYAKARTA NO 30/ 2007, BAB V : SANKSI, Pasal 12 ( 1 )

Pasal 12 ( 1) : Bagi Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah, yang dalam melaksanakan penerimaan peserta Didik Baru melanggar ketentuan dalam peraturan Walokota ini, akan dikenai sanksi kepegawaian sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku.

Yogyakarta, 5 Oktober 2007

KAMI YANG PRIHATIN :

1. Dra. Yuliani
Orang Tua Murid/ Anggota Komite / Alumnus 79 SMA 8 Yogyakarta ( d/h SMPP 10 )
2. Drs. Wahyu Pujiyono M.Kom :
Orang Tua Murid / anggota Komite
3. Endra Harsaya. SSn
Orang Tua Murid / anggota Komite / rakyat biasa.

21 November 2007 - Posted by | 1

3 Komentar »

  1. SEMOGA ALLAH MEMBERI KEMUDAHAN KEPADA PIHAK YANG BENAR!!!

    Mr X.thanks for U’r Comment
    Semoga.sing becik ketitik, sing olo sopo…hayooooooooooo
    thanks !!!

    Komentar oleh Mr. X | 27 November 2007 | Balas

  2. Saya bangga dengan Komite SMA Negeri 8 Yogyakarta yang berani mengungkap dugaan penyelewengan dana di SMA Negeri 8 Yogyakarta, tidak seperti Komite SMA Negeri 5 Yogyakarta yang hanya diam saja ketika Bpk. Drs. H. Abu Suwardi diduga melakukan penyelewengan dana ketika bertugas sebagai Kepala SMA Negeri 5 Yogyakarta. Semoga dengan diusutnya kasus dugaan penyelewengan dana di SMA Negeri 8 Yogyakarta ini menjadi titik awal diusutnya kasus-kasus dugaan penyelewengan dana yang dilakukan Bpk. H. Abu Suwardi sebelumnya, terutama di SMA Negeri 5 Yogyakarta.

    buat : Kom. alumni Puspanegara
    makasih… 2 sekolahan yang sangat aku sayang. Istri tercinta alumnus Puspanegara, sedang sekarang anakku tersayang di Delayota. …..jadi gini ya temukan bukti bukti itu…. lalu serahkan kepada yang berwajib. sebab kalau AS ditanya apakah di SMA 5 ketika jadi Kepsek juga melekukan penyelewengan ?. meski dijawab dengan lebut : tidaak. seperti kemarin penemuan kami juga selalu disangkal di koran. semoga terungkap kebusukan kebusukan ditempat lain. dan kita berdoa semoga As cepat sadar bahwa perbuatannya sangat merugikan banyak pihak, mencoreng dunia pendidikan Yogyakarta. semoga segera bertobat setelah menjalani hukuman nanti.
    amiennn.

    Komentar oleh Komunitas Alumni Puspanegara | 28 November 2007 | Balas

  3. dewasalah wahai para pemimpin, ………………………
    sesungguhnya kenikmatan dunia hanya semu belaka……..

    berjuang terus bapak ibu komite….
    karena kami hanya bisa membantu dengan doa….

    Terimakasih Mr X di ar_fardly@yahoo.co.id
    Doa anda melebihi segalanya……
    salam…………..

    Komentar oleh seseorang yang tidak penting | 28 November 2007 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: