Hapus Ke Munafik-an !

"Ora tedheng Aling Aling"

HAYO NGAKU SAJA PART ONE

GHABONEWS.COM (Jumat, 26 Oktober 2007 05:20)
Diduga Ada Penyelewengan Dana di SMA 8 Yogyakarta
Yogyakarta, GhaboNews  – Komite Sekolah SMA Negeri 8 Yogyakarta menengarai terjadi penyimpangan penggunaan dana sekolah miliaran rupiah di salah satu sekolah favorit di Kota Yogyakarta ini.

“Beberapa indikasi bahwa telah terjadi penyelewengan dana tersebut tampak pada beberapa kasus seperti membayar dana perpustakaan Rp15.000 per siswa untuk perpustakaan, namun dalam realisasinya kondisi perpustakaan tetap saja tidak representatif,” kata anggota Komite Sekolah SMAN 8 Yogyakarta Endra Harsaya, Kamis (25/10)

Selain itu, ada berbagai pungutan yang dibebankan kepada orangtua siswa, tetapi kenyataannya tidak sesuai dengan peruntukkannya.

Menurut Endra, dugaan penyimpangan dana sekolah ini muncul ketika sekolah memaksakan diri untuk membuat rancangan anggaran pendapatan dan belanja sekolah (RAPBS).

Padahal sesuai dengan Peraturan Walikota (Perwal) Yogyakarta Nomor 30 Tahun 2007 sekolah harus membuat laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBS dan dipublikasikan sebelum membuat RAPBS baru.

“Pihak sekolah sampai sekarang belum mengumumkan kepada publik mengenai pertanggungjawaban pelaksanaan APBS 2006/2007, tetapi mereka memaksakan untuk mengesahkan RAPBS 200/2008. Ini kan tidak sesuai aturan yang berlaku,” katanya.

Ia mengatakan dana dari pungutan yang tidak sesuai dengan peruntukkannya di antaranya juga terlihat dengan adanya `double accounting` bagi siswa, seperti acara sepeda dakwah yang mengharuskan setiap siswa membayar Rp25 ribu, tetapi di RAPBS masih dianggarkan lagi Rp75 ribu.

“Bahkan bendahara komite sekolah, Ny Mahfud MD menduga penyelewengan dana di sekolah ini jika dikalkulasi bisa mencapai Rp5 miliar,” katanya.

Hal yang sama juga diungkapkan anggota Komite Sekolah SMA 8 Yogyakarta, Yuliani yang mengatakan indikasi penyelewengan anggaran sekolah bisa terlihat dari anggaran yang disusun tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan.

“Pihak sekolah memungut uang herregistrasi sebesar Rp560 ribu per siswa, dan jumlah siswa mencapai 750 anak, tetapi mengenai pungutan dana tersebut tidak pernah ada laporannya,” katanya.

Selain itu, juga ada dana untuk lingkungan sekolah sebesar Rp2 juta lebih setiap bulan, namun ternyata dari informasi yang ia peroleh, program tersebut tidak pernah direalisasikan.

“Uang komite yang seharusnya dipegang bendahara komite, ternyata seluruhnya dipegang pihak sekolah, dan aksesnya langsung kepada kepala sekolah,” katanya.

Ia menyebutkan ada `orang dalam` di sekolah ini yang mengakui ada penyelewengan dalam penggunaan dana sekolah, bahkan ada edaran kuitansi kosong kepada seluruh guru, dan setiap guru diberi imbalan uang Rp50 ribu. “Namun, ada beberapa guru yang menolak menerima uang tersebut,” katanya.

21 November 2007 - Posted by | SMA 8

1 Komentar »

  1. saya, selaku salah satu murid baru di SMA 8 yogyakarta (saat ini kelas X), mengaku sangat kecewa dan tidak tentram menjalani kehidupan saya sebagai pelajar di sekolah yang seharusnya adalah salah satu dari sekolah favorit di yogyakarta

    sesungguhnya, saya sudah mendapat kabar2 tidak sedap ini dari dulu dan menganggap itu sebagai sebuah kebohongan belaka yang disebar orang2 tak bertanggung jawab,

    namun setelah membaca ini (dan postingan lainnya), saya merasa yakin akan kebenaran isu tersebut

    anda mungkin akan menyaksikan (atau mendengar dari pihak lain) suatu kegiatan besar2an yang menuntut klarifikasi trhadap prmasalahn ini dari pihak sekolah (trutama Bpk. AS)

    saya menunggu e-mail dari anda, saya ingin mengetahui lebih lanjut mengenai problema ini

    MI, yang cerdas………
    thanks.. atas atensinya……….
    Q hanya berjuang semoga Delayota semakin maju. dan jangan ada lagi “tangan tangan ” kotor
    kalo senen, 26 noc kemaren disekolah, Q diajak masuk oleh Mas Hanif MPK. tapi ternyata menurut analisa saya. ternyat benar itu sebuah Forum yang dah direncanain. jadi Q hanya sebatas tahu diri aja !. tapi ikuti Blog ini aja. Elo kan ngerti. nggak da yang saya tutup tutupi kok. Thanks.. tetap belajar yang rajin.. dan harus cerdas serta jangan lupa Kritis terhadap lingkungan.
    salam buat Nyokap Bokap……….dari Om hendro di : swadesijogja@yahoo.com dan di o81328580849. om hendro siap diajak discuss secara alamiah dan intelektual. bukan murahan dan penuh rekayasa

    Komentar oleh MI | 25 November 2007 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: